Isu-isu
Strategis dalam Perusahaan Multinasional
Manajemen Strategis :
-
Berpikirlah
secara global,
-
bertindaklah
secara local
Perusahaan Multinasional (MNC)
Adalah
jenis khusus perusahaan internasional perusahaan yang terlibat dalam sembarang
kombinasi aktivitas mulai dari mengekspor atau mengimpor sampai pada skala
penuh proses pemanufakturan di luar negeri
MNC
adalah pengembangan lebih jauh perusahaan internasional dengan keterlibatan
mencakup seluruh dunia dan manajemen serta pengambilan keputusannya mempunyai
perspektif global
Karakteristik MNC (Dymza, 1972)
-
Pembuat
keputusan selalu mempertimbangkan kesempatan yg ada secara global
-
Sejumlah
aset MNC diinvestasi secara internasional
-
Bergerak
dalam produksi internasional & mengoperasikan beberapa pabrik di beberapa
Negara
-
Pengambilan
keputusan manajerial didasarkan pd perspektif yg meliputi seluruh dunia
Kontinum Industri Internasional
Multidomestik
Industri tempat
perusahaan – perusahaan mendesain produk-produknya sesuai dengan kebutuhan
khusus para konsumennya di satu negara tertentu :
• Usaha eceran
• Asuransi
• Perbankan
Global
Industri di mana
perusahaan membuat & menjual produk yg sama, dgn hanya melakukan
penyesuaian kecil pada Negara tertentu di seluruh dunia :
• Otomotif
• Ban kendaraan
• Perangkat televisi
Perdagangan internasional : Keunggulan kompetitif vs
Keunggulan komperatif
-
Keunggulan
komperatif negara : ada dua teori yg mendasari yaitu Adam Smith ( keunggulan
absolut) dan David Ricardo (keunggulan komperatif)
-
Keunggulan
kompetitif negara : (M.E. Porter) kondisi faktor produksi; kondisi permintaan; industri
pendukung dan industri terkait; strategi perusahaan, struktur dan persaingan
4 tahap perkembangan persaingan (M.E. Porter, 1990)
Tahap 1 :
kekuatan faktor-faktor produksi
Tahap 2 :
kekuatan investasi
Tahap 3 :
kekuatan inovasi
Tahap 4 :
kekuatan kesejahteraan
Pengamatan terhadap kekuatan & kelemahan
internasional
-
Keunggulan teknologi
-
Nama
dagang yang kuat
-
Keunggulan
pemanfaatan skala produksi
-
Kemampuan
untuk melakukan pengamatan
-
Produk
atau jasa yg unggul
-
Eksekutif
internasional yg unggul
Isu internasional dlm perumusan strategi
-
Analisis
Portofolio internasional : daya tarik negara dan kekuatan kompetitif produk
-
Strategi
internasional yg umum digunakan: mengekspor, memberikan lisensi, joint
ventures, akuisisi
DAFTAR
PUSTAKA
file:///C:/Users/Hp/Documents/Isuisu%20Strategis%20dalam%20Perusahaan%20Multinasional%20(1).pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar